Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas V Di SD Negeri 53/III Koto Patah Kabupaten Kerinci

Jannah, Nuri Hayatul (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas V Di SD Negeri 53/III Koto Patah Kabupaten Kerinci. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NURI_HAYATUL_JANNAH_18124037_381_2022.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model Make A Match terhadap minat dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 53/III Koto Patah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampelnya adalah teknik Simple Random Sampling, maka didapatkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data digunakan angket untuk minat belajar dan tes untuk hasil belajar. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test yang terlebih dahulu melakukan uji prasarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data, diperoleh pada hipotesis pertama rata-rata posttest minat belajar kelompok eksperimen adalah 82,58 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 74,52. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 5,618 dan ttabel 2,014 pada taraf nyata α = 0,05 (5 %). Didapatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Make A Match terhadap minatbelajar siswa kelas V SD Negeri 53/III Koto Patah. Hipotesis kedua rata-rata posttest hasil belajar kelompok eksperimen adalah 80,19 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 63,09. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 8,193 dan ttabel 2,014 pada taraf nyata α = 0,05 (5 %). bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Make A Match terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 53/III Koto Patah. Maka berdasarkan kedua hipotesis di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Make A Match terhadap minat dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 53/III Koto Patah Kabupaten Kerinci.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:47
Last Modified: 24 Oct 2022 06:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40557

Actions (login required)

View Item View Item