Sikap Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID-19 di Prodi PKK Konsentrasi Pendidikan Tata Boga

Safitri S, Shinta (2022) Sikap Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID-19 di Prodi PKK Konsentrasi Pendidikan Tata Boga. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SHINTA_SAFITRI_S_17075219_1143_2022.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah yang penulis temukan pada pra- penelitian tentang sikap belajar mahasiswa yang sedang melaksanakan pembelajaran secara daring ditengah masa pandemi COVID-19. Pra- penelitian dilakukan kepada mahasiswa dan dosen melalui penyebaran angket online di Google Form. Sikap belajar yang positif dapat menunjang kegiatan pembelajaran daring. Namun, masih kekurangnya kesadaran mahasiswa tentang pentingnya menerapkan sikap belajar yang positif pada pembelajaran daring. Tujuan dari ini penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana sikap belajar mahasiswa mengikuti pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di Prodi PKK Konsentrasi Pendidikan Tata Boga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa PKK Konsentrasi Pendidikan Tata Boga tahun 2019 dan 2020 sebanyak 198 orang dan sampel sebanyak 66 orang diambil menggunakan metode Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang menggunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan realibilitasnya. Selanjutnya data dianalisis deskriptif dengan teknik klasifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap belajar mahasiswa mengikuti pembelajaran daring di Prodi PKK Konsentrasi Pendidikan Tata Boga secara keseluruhan dikategorikan positif dengan frekuensi sebanyak 34 responden (53%). Faktor kognisi sikap belajar secara keseluruhan dikategorikan positif dengan frekuensi sebanyak 66 responden, faktor afeksi secara keseluruhan dikategorikan positif dengan frekuensi sebanyak 35 responden, faktor konasi secara keseluruhan dikategorikan positif dengan frekuensi sebanyak 66 responden. Indikator pemahaman pada kategori positif sebanyak 35 responden, indikator penerapan pada kategori positif sebanyak 37 responden, indikator partisipasi pada kategori positif sebanyak 52 responden, indikator respon pada kategori negatif sebanyak 42 responden, indikator perilaku pada kategori positif sebanyak 66 responden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SIKAP BELAJAR, PEMBELAJARAN DARING
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Food General
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:58
Last Modified: 20 Oct 2022 01:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40465

Actions (login required)

View Item View Item