Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Pisang Bolen Melalui Metode Explicit Instruction bagi Anak Tunagrahita Ringan

Angelista, Sunyi (2022) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Pisang Bolen Melalui Metode Explicit Instruction bagi Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_02_SUNYI_ANGELISTA_18003165_3748_2022.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB N 2 Padang kelas XI. Terdapat dua orang anak yang mengalami masalah dalam pembelajaran membuat pisang bolen. Selama ini guru yang mengajarkan keterampilan vokasional membuat pisang bolen menggunakan metode ceramah dan demonstrasi. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti bertujuan meningkatkan kemampuan anak membuat pisang bolen melalui metode explicit instruction. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sikus I terdiri dari empat kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu, tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menujukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan anak dalam membuat pisang bolen. Persentase kemampuan awal RA 40,67%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 65,11% dan siklus II 97,67%. Sementara pada anak R kondisi awalnya 41,86%. Padang siklus I mengalami peningkatan 66,27% dan siklus II menjadi 96,51%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode explicit instructiondapat meningkatkan kemampuan vokasional membuat pisang bolen bagi anak tunagrahita ringan kelas XI di SLB N 2 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tunagrahita ringan, pisang bolen, explicit instruction
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Oct 2022 01:39
Last Modified: 07 Oct 2022 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40202

Actions (login required)

View Item View Item