Efektivitas Alat Bantu Trigonal Pencil untuk Meningkatkan Keterampilan Pramenulis bagi Anak Cerebral Palsy.

Sari, Reza Lidia (2022) Efektivitas Alat Bantu Trigonal Pencil untuk Meningkatkan Keterampilan Pramenulis bagi Anak Cerebral Palsy. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_02_REZA_LIDIA_SARI_18003106_3913_2022.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan pada anak cerebral palsy di Yayasan Rumah Gadang Cerebral Palsy, yang mengalami permasalahan dalam keterampilan pramenulis. Keterampilan pramenulis sangat berpengaruh pada saat anak memasuki tahap siap menulis. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan pramenulis anak cerebral palsydengan menggunakan alat bantu trigonal pencil di Yayasan Rumah Gadang Cerebral Palsy. Jenis penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain A-B-A dengan metode single subject research (SSR) dan target behavior yaitu meningkatkan keterampilan pramenulis pada subjek anak cerebral palsy, dengan tulisan yang dihasilkan anak keriting sehingga tidak terbaca, baik menulis garis maupun menulis huruf. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu melalui instrument tes kemampuan dengan teknik tes perbuatan.Hasil analisis data dari kondisi Fase A1, Fase B, dan Fase A2 peneliti gambarkan dalam bentuk grafik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika alat bantu trigonal pencil efektiv untuk meningkatkan keterampilan pramenulis untuk anak cerebral palsy di Yayasan Rumah Gadang Cerebral Palsy yang dilihat dari hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: alat bantu trigonal pencil, keterampilan pramenulis cerebral palsy
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:01
Last Modified: 06 Oct 2022 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40135

Actions (login required)

View Item View Item