Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Sikaping

Mayani, Dwita Elfri (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Sikaping. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DWITA_ELFRI_MAYANI_18029061_3846_2022.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun berdasarkan basil tes yang dilakukan di SMP Negeri 3 Lubuk Sikaping diperoleh pemahaman konsep matematis peserta didik masih rendah. Hal ini dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI Iebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII 1 - VIII 4 SMP Negeri 3 Lubuk Sikaping. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga terpilih peserta didik kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan VIII 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep yang dianalisis menggunakan uji hipotesis, yaitu uji-t. Berdasarkan analisis data basil analisis tes pemahaman konsep matematis diperoleh bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P- value = 0,029 karena P-value < a maka HO ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Sikaping. Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:22
Last Modified: 04 Oct 2022 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40094

Actions (login required)

View Item View Item