Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire untuk Materi Gravitasi Newton dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA/MA

Marlina, Deby (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire untuk Materi Gravitasi Newton dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_DEBY_MARLINA_18033135_3861_2022.pdf

Download (824kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang berguna untuk menyampaikan dan mensalurkan pesan secara terencana, sehingga dapat menimbulkan kondisi lingkungan yang kondusif dan penerima pembelajaran dapat melakukan pembelajaran secara efektif dan efisien. Media pembelajaran yang ditemukan di beberapa sekolah di Kota Padang masih belum menggunakan media pembelajaran interaktif. Media yang digunakan masih dalam bentuk media power point, yang belum memuat animasi-animasi atau video yang interaktif dan juga keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada materi hukum gravitasi newton masih rendah. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi lectora inspire untuk materi gravitasi newton dalam rangka meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa SMA/MA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi lectora inspire untuk materi gravitasi newton dalam rangka meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa SMA/MA dengan kategori valid dan praktis. Penelitian termasuk ke dalam penelitian R&D(Research and Development) dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE yang direduksi sampai pada tahap Penerapan (Implementation). Penelitian ini melibatkan 3 orang Dosen Fisika FMIPA UNP sebagai tim validator dan 6 orang guru Fisika di Kota Padang sebagai tim praktisi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas. Teknik analisis data untuk validasi instrumen dan produk menggunakan V Aiken, kepraktisan produk menggunakan teknik persentase. Hasil validasi instrumen pengembangan produk dengan kategori valid. Hasil uji validitas produk diperoleh rata-rata 0, 79 dengan kategori valid. Hasil uji kepraktisan penggunaan produk diperoleh nilai rata-rata secara keseluruhan sebesar 88,94 dengan kategori sangat praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi lectora inspire untuk materi hukum gravitasi newton yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Oct 2022 01:56
Last Modified: 03 Oct 2022 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40042

Actions (login required)

View Item View Item