Pengaruh Model Pembelajaran problem solving terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMAN 2 Padang

Harahap, Sulistian Nisa Febriani (2022) Pengaruh Model Pembelajaran problem solving terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMAN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SULISTIAN_NISA_FEBRIANI_HARAHAP_18031029_2751_2022.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Abad 21 menuntut peserta didik menjadi lebih unggul dan berkualitas seperti memiliki kemampuan berpikir kreatif. Berpikir kreatif merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu usaha menyelesaikan masalah. Salah satu permasalahan peserta didik kelas X di SMAN 2 Padang adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didiknya. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran problem solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran biologi di SMAN 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 2 Padang yang terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas X 4 dan X 5. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal berupa 8 soal uraian. Analisis data menggunakan Uji One- Way ANCOVA. Analisis data menyatakan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yakni nilai rata-rata tes berpikir kreatif kelas eksperimen (76,00 (kreatif)) dan kelas kontrol (74,20 (kreatif)). Analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,008 < 0,05 yang artinya model pembelajaran problem solving memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:07
Last Modified: 23 Sep 2022 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39857

Actions (login required)

View Item View Item