Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Submateri Pergeseran Kesetimbangan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/MA

Oktavia, Refni (2022) Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Submateri Pergeseran Kesetimbangan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_REFNI_OKTAVIA_18035036_3424_2022.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Submateri Pergeseran Kesetimbangan Kimia yang telah valaid dan praktis perlu di tindak lanjuti berupa uji efektivitasnya. Sehingga dilakukanlah penelitian untuk mengetahui efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Submateri Pergeseran Kesetimbangan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/MA. Penelitian ini menggunalan Penelitian eksperimen semu dengan desain Non Equivalen Control Group Design. Populasi terdiri dari siswa kelas XI SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive sampling dengan kriteria homogenius sampling sehingga terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa angket, dan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda, data dianalisis menggunakan uji N-Gain dan uji hipotesis dengan uji Mann whitney U-test. Berdasarkan analisa data diperoleh kelas eksperimen memiliki nilai N-Gain kategori tinggi dan kelas kontrol dengan kategori sedang dan uji hipotesis yang didapatkan Asym sig.(2-tailed) 0,000. Analisis data tersebut menyimpulkan hipotesis diterima yang artinya Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Submateri Pergeseran Kesetimbangan Kimia efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA/MA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:55
Last Modified: 21 Sep 2022 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39800

Actions (login required)

View Item View Item