Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning Berbasis Lesson Study For Learning Community pada Materi Sel Elektrolisis terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA N 5 Padang

Ramadani, Rahil (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning Berbasis Lesson Study For Learning Community pada Materi Sel Elektrolisis terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA N 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_RAHIL_RAMADANI_18035156_2465_2022.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkanlah Lesson Study for Learning Community (LSLC), dimana ada 3 tahap (Plan, Do dan See) dalam satu siklus. Adanya peran observer dalam LSLC akan berdampak pada peningkatan kompetensi pendidik, yang mana ini akan berpengaruh terhadap proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning berbasis Lesson Study For Learning Community pada materi Sel Elektrolisis terhadap hasil belajar siswa kelas XII SMA N 5 Padang Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan desain Pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA N 5 Padang dan Sampel yang digunakan adalah kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 3. Data dianalisis menggunakan uji N-gain, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry Learning (GIL) berbasis LSLC nilai Dhitung dari nilai pretest kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 0.106 dan 0.099 dan nilai prost-test eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 0.091 dan 0.101 artinya data berdistribusi normal yaitu hasil Dhitung<0.22119 Dtabel. Dibuktikan dari hasil penelitian dengan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 32.97%, dan data sampel berdistribusi normal karena nilai signifikansi (sig) > 0.05, kedua sampel penelitian ini homogen karena nilai Fhitung < Ftabel, pada uji hipotesis diperoleh thitung = 2.04 dan ttabel = 1.667, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung > ttabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:40
Last Modified: 21 Sep 2022 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39789

Actions (login required)

View Item View Item