Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Padang dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret Tahun Pelajaran 2019/2020

Milano, Nidya (2022) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Padang dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NIDYA_MILANO_15029072_801_2022.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis salah satu kemampuan matematis peserta didik, yakni kemampuan pemecahan masalah yang belum menunjukkan hasil yang baik pada saat kegiatan observasi. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI MIPA dengan menggunakan instrumen berupa lembar jawaban soal essai UTS materi Barisan dan Deret. Oleh karena itu, jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis pada penelitian ini berfokus pada bagaimana kemampuan pemecahan masalah peserta didik per kelompok (tinggi, sedang, dan rendah) tiap masing-masing indikator. Hasil dari penelitian ini berupa deskripsi kemampuan pemecahan masalah peserta didik per kelompok tiap masing�masing indikator dan pemberian predikat terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan skor persentase rata-rata yang diperoleh. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapat tiga hasil analisis. Pertama, peserta didik berkemampuan tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori baik dengan perolehan skor persentase 75%. Kedua, peserta didik berkemampuan sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori cukup dengan perolehan skor persentase 59,11%. Ketiga, peserta didik berkemampuan rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori kurang dengan perolehan skor 27,92%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:38
Last Modified: 21 Sep 2022 02:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39775

Actions (login required)

View Item View Item