Perbandingan Hasil Belajar Materi Asam Basa Menggunakan Model Guided Discovery dan Guided Inquiry Learning dengan Teknik Diskusi Buzz Group

Sukma, Mutiara (2022) Perbandingan Hasil Belajar Materi Asam Basa Menggunakan Model Guided Discovery dan Guided Inquiry Learning dengan Teknik Diskusi Buzz Group. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MUTIARA_SUKMA_17035029_4056_2022.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik tidak terlaksana secara efektif selama Covid-19, karena keterbatasan waktu yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Oleh karena itu, dilakukan proses pembelajaran menggunakan model guided discovery dan guided inquiry dengan teknik diskusi buzz group. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar peserta didik dan mendeskripsikan miskonsepsi, materi penghambat menggunakan model guided discovery dan guided inquiry dengan teknik diskusi buzz group. Penelitian eksperimen ini menggunakan mixed method. Sampel diambil dengan teknik random sampling, terpilih kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 (guided inquiry) dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen 2 (guided discovery). Data penelitian meliputi data kuantitatif berupa hasil belajar yang dianalisis menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji-t. Data kualitatif berupa miskonsepsi dan materi penghambat yang dianalisis dari jawaban peserta didik pada soal tes diagnostik esai terstruktur kimia (SEDToC). Hasil pengolahan data diperoleh hasil belajar pada kelas eksperimen 1 (78,38) lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 2 (74,82) dan analisa uji-t yaitu 0,039. Dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar menggunakan model guided inquiry dan guided discovery dengan teknik diskusi buzz group materi asam basa kelas XI IPA MAN 1 Bukittinggi berbeda secara signifikan. Hasil persentase miskonsepsi kelas eksperimen 1 sebesar 1,8% dan terdapat 4 materi yang menjadi penghambat, persentase miskonsepsi kelas eksperimen 2 sebesar 2,8% dan terdapat 6 materi yang menjadi penghamba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:38
Last Modified: 21 Sep 2022 02:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39769

Actions (login required)

View Item View Item