Sakinah, Mutiara (2022) Pengaruh Penggunaan E-Modul Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Padangpanjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_7_MUTIARA_SAKINAH_18035049_2390_2022.pdf Download (242kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Padangpanjang. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan desain penelitian randomized control-group pretest-posttest design. Populasi terdiri dari siswa kelas X SMA Negeri 1 Padangpanjang tahun ajaran 2021/2022, pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan terpilih kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal, data dianalisis menggunakan uji n-gain dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisa data, diperoleh peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol dan uji hipotesis yang diperoleh sig(2-tailed) < 0,05 menunjukkan hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis guided discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Padangpanjang. Oleh karena itu, e-modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis guided discovery learning dapat digunakan untuk pembelajaran kimia di kelas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 |
Depositing User: | Arlianis |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 02:37 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 02:37 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39768 |
Actions (login required)
View Item |