Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMA

Nella, Herfirah (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_HERFIRAH_NELLA_18035084_2464_2022.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 X Koto Diatas pada pembelajaran kimia masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata ulangan harian peserta didik kelas X MIPA 1 dam X MIPA 2 semester 1 tahun 2021/2022 sebesar 56% dan 17,12%, guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat dan belum mengaitkan pembelajaran kimia dengan produk kimia sehari-hari. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Project Based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA. Penelitian ini menggunakan pre experiment research dan menggunakan rancangan one pretest posttest group design untuk ranah kognitif dan one shot case study untuk ranah psikomotorik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA semester genap SMAN 1 X Koto Diatas. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian berasal dari dua ranah yaitu kognitif dan psikomotorik. Instrumen penilaian berupa tes hasil belajar (multiple choice test) dan penilaian hasil belajar psikomotorik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji t, uji hasil belajar psikomotorik dan Uji N-Gain. Uji t diperoleh dengan thitung = 13,4472324 lebih besar dari ttabel untuk alpha 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya hasil belajar siswa berbeda antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan peningkatan, berlaku untuk populasi dalam kesalahan 5%. Presentase skor rata-rata hasil belajar psikomotorik pada kategori baik adalah 22,58 % atau 7 siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:05
Last Modified: 14 Sep 2022 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39667

Actions (login required)

View Item View Item