Pengembangan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sosiologi Kelas XI IPS SMA N 1 Payung Sekaki Kabupaten Solok

Ananda, Septivana Tia (2022) Pengembangan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sosiologi Kelas XI IPS SMA N 1 Payung Sekaki Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_SEPTIVANA_TIA_ANANDA_17058089_2909_2022.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Sosiologi dengan keterbatasan bahan ajar yang menimbulkan peseta didik kesulitan untuk mencari materi, selain itu hasil belajar yang kurang memaskan. Maka dari itu, perlu dirancang bahan ajar yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dan mencapai penguasaan materi. Salah satu bahan ajar yang dapat menunjang mata pembelajaran Sosiologi adalah bahan ajar LKPD berbasis discovery inquiry. Penelitian pengembangan LKPD ini merupakan penelitian dengan jenis RND dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas: (1) analysis (analisis), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), (5) evaluation (evaluasi). Penelitian ini didasarkan teori konstruktivisme yaitu membangun tata susunan hidup budaya modern yang melalui keterlibatan peserta didik untuk aktif dalam konstruksi makna dan pengetahuan. Berdasarkan penerapan LKPD peserta didik diperoleh pretest dengan rata-rata 76 dan posttest rata-rata 89,8, sehingga terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar LKPD berbasis discovery inquiry. Kemudian dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektifivitas, Berfikir Kritis, Discovery Inquiri, Pembelajaran Sosiologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:26
Last Modified: 12 Sep 2022 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39576

Actions (login required)

View Item View Item