Analisis Efektivitas pembelajaran daring pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI IPS 3 di SMAN 5 Pariaman

Oktasix, Wike (2022) Analisis Efektivitas pembelajaran daring pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI IPS 3 di SMAN 5 Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_02_WIKE_OKTASIX_16046143_309-2022.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh efektivitas pembelajaran secara daring selama masa pandemi covid 19 terhadap komponen pembelajaran sejarah. Permasalahannya 1) kondisi pandemi covid 19 menyebabkan sistem pendidikan Indonesia berubah dengan mengikuti protokol kesehatan. 2) pembelajaran secara daring digunakan sebagai pilihan dalam kondisi pandemi covid 19. 3) dengan pembelajaran daring banyak peserta didik tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. 4) banyaknya peserta didik mendapatkan kesulitan dalam pembelajaran daring. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa persen siswa yang merasakan efektif dan untuk mengetahui bagian-bagian manakah dari langkah langkah pembelajaran daring yang dirasakan siswa kurang efektif. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif sumber data dalam penelitian ini diperoleh secara langsung dari informasi dilapangan melalui penyebaran angket kepada 30 peserta didik di kelas XI IPS 3 SMAN 5 Pariaman. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa gmbaran secara umum efektivitas pembelajaran daring berdasarkan tingkat capaian terdapat kategori efektif dengan persentase 60,47 % untuk gambaran efektivitas pembelajaran daring per indikator pada indikator persiapan tidak efektif persentase 51 % indikator pelaksanaan tidak efektif persentase 13,31 % dan indikator penilaian tidak efektif persentase 54,33 % sedangkan gambaran efektivitas pembelajaran daring per item dari 28 item hanya satu item yang dirasakan efektif oleh peserta didik yakni saya selalu berusaha mengikuti kegiatan belajar sesuai intruksi guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas pembelajaran daring, Komponen pembelajaran secara daring.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:25
Last Modified: 12 Sep 2022 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39571

Actions (login required)

View Item View Item