Dampak Pemberian Penguatan Verbal dan Non Verbal terhadap Minat Siswa dalam Pembelajan Seni Tari di SMP Negeri 27 Padang.

Sari, Novi Permata (2022) Dampak Pemberian Penguatan Verbal dan Non Verbal terhadap Minat Siswa dalam Pembelajan Seni Tari di SMP Negeri 27 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NOVI_PERMATA_SARI_17023117_363_2022.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk peberian penguatan dalam pembelajaran seni (tari) untuk menumbuhkan minat siswa di smp negeri 27 padang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif-analisis. Jenis data menggunakan data primer dan data skunder. Instrument penelitian ini adalah penelitian sendiri dan dibantu dengan instrument pendukung seperti alat tulis dan camera. Teknik pengupulan data dilakukan dengan cara studi pustaka,, observasi, wawancara, dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah mengumpulkan data, mendeskripsikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran penguatan dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran seni budaya tari bagi siswa untuk dapat memahami pelajaran seni tari tradisi minagkabau yang diakhiri dengan penapilan tari secara perkelompok dan perorangan .memang membutuhkan penguatan dari guru baik pernguatan verbal maupun penguatan non verbal. Penguatan yang paling dominan dilakukan oleh guru adalah penguatan non-verbal atau penguatan yang bersifat tindakan. Minsalnya mengacukan jempol raut wajah yang senang dan bertepuk tangan. Dan ada pila guru yang mengobinasikan dari penguatan verbal dan pengutan non-verbal, minsalnya sammbil mengatakan ‘ya bagus pintar sekali kamu’’ guru juga menyertai dengan acungan ibu jari ataupun bertepuk tangan dan lain sebagainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MINAT SISWA, PEMBELAJARAN, SENI TARI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:47
Last Modified: 08 Sep 2022 04:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39533

Actions (login required)

View Item View Item