Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Berbicara di MTSN 1 Solok

Utari, Gina Mahirah (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Berbicara di MTSN 1 Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_GINA_MAHIRAH_UTARI_17016144_1595_2022.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Artikel ini membicarakan tentang penelitian pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara di MTsN 1 Solok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan berbicara di MTsN 1 Solok. Dalam penelitian ini pelaksanaan pembelajaran mencakup tiga komponen utama, yaitu: (1) materi pembelajaran keterampilan berbicara di MTsN 1 Solok, (2) metode pembelajaran keterampilan berbicara di MTsN 1 Solok, dan (3) evaluasi pembelajaran keterampilan berbicara di MTsN 1 Solok. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah aktivitas guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan kelas IX MTsN 1 Solok, dalam pembelajaran berbicara kelas IX MTsN 1 Solok yang mencakup materi, metode, dan evaluasi. Sumber data tambahan dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, dan hasil evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan atau observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik pengabsahan data dengan cara uraian rinci (thic description). Teknik analisis data yang digunakan adalah yaitu identifikasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, materi pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas IX di MTsN 1 Solok sangat baik. Guru menyampaikan materi dengan baik sesuai dengan yang tertera dalam RPP, guru juga mengaitkan materi pembelajaran dengan hal-hal lainnya yang relevan dan begitu nyata, kemudian guru juga menyampaikan materi dengan secara berurutan sehingga memudahkan peserta didik dalam membentuk pola pikirnya Kedua, metode pembelajaran keterampilan berbicara di MTsN 1 Solok sudah baik. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode Tanya jawab, metode ceramah, metode penugasan dan metode demonstrasi. Ketiga, evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran keterampilan berbicara sudah baik dengan penilaian menggunaka aspek keterampilan berbicara yaitu intonasi, pelafalan, kelancaran, ekspresi, penampilan dan gestur. Tetapi tidak semua siswa mencapai tingkat ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara di MTsN 1 Solok sudah dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari materi, metode dan evaluasi yang telah dilaksanakan oleh guru. Meskipun belum semua siswa mampu untuk mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN, KETERAMPILAN BERBICARA, EVALUASI PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:42
Last Modified: 24 Aug 2022 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39309

Actions (login required)

View Item View Item