Evaluasi Pelaksanaan Program Praktek Kerja lndustri (Prakerin) Siswa SMK Negeri 3 Batam

Nurjanah, Nurjanah (2021) Evaluasi Pelaksanaan Program Praktek Kerja lndustri (Prakerin) Siswa SMK Negeri 3 Batam. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NURJANAH_16138066_2585_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan program Prakerin siswa SMK Negeri 3 Batam kompetensi keahlian TKJ dan TP&TU, dimana masih perlu ditingkatkan lagi dari segi pemahaman materi terhadap siswa dan meningkatkan sarana dan prasarana di sekolah untuk mendapatkan proses pembelajaran yang baik di sekolah. Evaluasi program diperlukan untuk mengetahui keberhasilan sebuah program sehingga dapat dibuatkan rekomendasi terhadap program yang dievaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan unsur-unsur program prakerin dengan memakai model evaluasi CSE-UCLA ( Centerfor the Study of Evaluation University of California Los Anggles) Needs Assesment, Program Planing, Formative Evaluatio dan Sumative Evaluation. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada jurusan teknik komputer jaringan dan teknik pendingin dan tata udara SMK N 3 Batam. responden penelitian untuk data kuantitatif adalah 57 siswa jurusan TKJ dan TP&TU kelas XI tahun pelajaran 2017/2018 yang telah melaksanakan praktek kerja industri, sedangkan untuk data kualitatif adalah sebanyak 13 orang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa komponen Needs Assesment dalam program prakerin siswa SMK N 3 Batam ditinjau dari tujuan program dan lingkungan tempat prakerin karegori baik. Komponen Program Planning terdiri dari siswa pada kategori baik, guru pembimbing kategori baik, kurikulum kategori cukup, peralatan workshop kategori cukup, persiapan pelaksanaan prakerin kategori baik, prosedur pelaksanaan prakerin kategori baik dan panitia pelaksanaan prakerin kategori baik. Komponen Formative Evaluation yang terdiri dari relevansi program prakerin kategori baik dan hambatan program prakerin ketegori baik. Komponen Sumative Evaluation yang terdiri dari hasil prakerin kategori baik dan dampak prakerin kategori cukup.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Aug 2022 06:42
Last Modified: 23 Aug 2022 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39269

Actions (login required)

View Item View Item