Kondisi Proses Pembelajaran dan Permasalahan Belajar Siswa

Rahman, Zikri (2021) Kondisi Proses Pembelajaran dan Permasalahan Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ZIKRI_RAHMAN_17151052_4486_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah kurang kondusif serta kurang efektifnya proses pembelajaran dan masih banyaknya masalah belajar yang dialami siswa di sekolah yang menyebabkan kerugian bagi siswa itu sendiri. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi implementasi proses pembelajaran oleh guru menurut pendapat siswa, serta mutu kegiatan belajar dan masalah belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis deskriptif, dengan populasi siswa kelas X dan XI SMA Negeri dan SMA Swasta berakreditasi A di Kota Padang, dimana sampelnya ditentukan dengan teknik porpusive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen skala, dan AUM PTSDL serta hasilnya dianalisis dengan menggunakan teknik statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk kondisi implementasi proses pembelajaran menurut pendapat siswa pada SMA Negeri dan SMA Swasta sama-sama berada pada kategori baik, dengan skor rata-rata 269,80 dan tingkat capaian responden sebesar 73,91%, dimana skor SMA Negeri lebih tinggi dari pada skor SMA Swasta dengan perbedaan yang tidak signifikan. (2) Skor mutu kegiatan belajar siswa SMA Negeri dan Swasta secara keseluruhan berada pada kategori rendah dengan rata-rata 112,25 atau 32,06% dari skor ideal. (3) Jumlah masalah belajar yang dialami siswa SMA Negeri dan Swasta secara keseluruhan juga cukup banyak dengan rata-rata 54 atau 30,85% dari jumlah masalah yang mungkin ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:11
Last Modified: 10 Aug 2022 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39114

Actions (login required)

View Item View Item