Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional guru terhadap Komitmen Kerja Guru di SMP Negeri Kota Sungai Penuh

Feres, Resven (2021) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional guru terhadap Komitmen Kerja Guru di SMP Negeri Kota Sungai Penuh. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RESVEN_FERES_17147023_1131_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti di SMP Negeri Kota Sungai Penuh yang menunjukkan komitmen kerja guru masih rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi komitmen kerja guru, diantaranya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru terhadap komitmen kerja guru di SMP Negeri Kota Sungai Penuh. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini: 1) Kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap komitmen kerja guru, 2) Kompetensi profesional guru berkontribusi terhadap komitmen kerja guru, 3) Kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru secara berama-sama berkontribusi terhadap komitmen kerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri Kota Sungai yang berjumlah 334 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 orang yang diambil dengan teknik Stratified proportional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket model skala likert yang telah diuji kesahihan dan kehandalannya. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi Hasil penelitian data menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap komitmen kerja guru sebesar 27,2%, 2) Kompetensi profesional guru berkontribusi terhadap komitmen kerja guru sebesar 41,1 %, 3) Kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru secara bersama- sama berkontribusi terhadap komitmen kerja guru sebesar 52,3%. Selanjutnya hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa komitmen kerja guru, kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi professional guru sama-sama berada pada kategori cukup dengan capaian skor (79,20%, 77,94% dan 79,26% dari skor ideal). Temuan di atas mengimplikasikan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru adalah faktor yang memiliki kontribusi terhadap komitmen kerja guru, akan tetapi masih banyak faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap komitmen kerja guru yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:16
Last Modified: 09 Aug 2022 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39099

Actions (login required)

View Item View Item