Pengembangan Bahan Ajar Tematik Belajar dari Rumah (BDR) berbasis Nilai - Nilai Kebaharian Pada Pendidikan Anak Usia Dini di TK Hang Tuah Padang

Noviza, Oktarina (2021) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Belajar dari Rumah (BDR) berbasis Nilai - Nilai Kebaharian Pada Pendidikan Anak Usia Dini di TK Hang Tuah Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_OKTARINA_NOVIZA_17330040_1631_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang ditemukan peneliti di riset awal yaitu pengenalan dunia bahari kepada anak belum dilaksanakan secara khusus bahkan belum maksimal serta masa pandemi covid-19 yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan proses pembelajaran anak usia dini termasuk pengenalan nilai kebaharian. Tujuan penelitian nu untuk mendeskripsikan pengenalan dunia bahari kepada anak usia dini selama proses pembelajar dari rumah yang dilaksanakan dimasa pandemi covid 19 melalui bahan ajar tematik.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (reseach and development) model 4-D. yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefenisian(define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (disseminatetdisseminate, Penelitian ini dilakukan di TK Hang Tuah Kota Padang. Data penelitian diperoleh melalui lembar validasi, lembar obsevasi, angket respon orang tua, serta aktivitas dan hasil belajar anak. Uji validitas dengan hasil rata-rata 89.92% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari keterlaksanaan bahan ajar dengan kategori praktis. yang diperoleh melalui angket respon orang tua diperoleh rata-rata 92,5% dengan kategori praktis. Hasil uji efektifitas diperoleh dari hasil belajar pada penilaian yang dilakukan dengan melihat catatan harian yang dibuat orang tua dan kemudian di analisis o leh peneliti dan guru untuk melihat tingkat perkembangan anak, penilaian di ukur dengan kategori Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik BDR berbasis nilai - nilai kebaharian pada Pendidikan Anak Usia Dini di TK Hang Tuah Padang yang telah dikembangkan berada pada kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:04
Last Modified: 08 Aug 2022 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39076

Actions (login required)

View Item View Item