Pengembangan Modul Pembelajaran Karakter Melalui Literasi Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau dengan Menggunakan Metode Role Playing Di Taman Kanak-Kanak Kota Padang

Nurhaini, Nurhaini (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Karakter Melalui Literasi Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau dengan Menggunakan Metode Role Playing Di Taman Kanak-Kanak Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NURHAINI_17330037_1632_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pengembangan modul pembelajaran karakter melalui literasi berbasis cerita tradisional Minangkabau dengan menggunakan metode role playing di taman kanak-kanak Kota Padang penelitian ini membuat dan pengembangan modul karakter yang valid ( dilihat dari segi kelayakan isi). Selanjutya, dilihat dari segi kemudahan dalam penggunaan modul karakter yang efektif (dilihat dari hasil belajar dan aktivitas anak) yang digunakan di proses pengembangan TK Negeri II Padang Barat, TK Asyiyah 24 Padang Selatan, dan TK Bayangkari 3 Alai Padang. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) untuk mengembangkan modul yang valid, praktis, dan efektif. Langkah-langkah rancangan pengembangan tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develope ). Dilakukan pengembangan modul pembelajaran yang telah dirancang melalui tiga tahap, yaitu validasi, uji praktikalitas, dan uji efektivitas. Pengembangan dengan konsep modul cerita Minangkabau "Cindua Mato dan Gadih Basanai" yang dikembangkan telah memenuhi aspek validitas, praktikalitas dan efektifitas. Pertama, tingkat validasi kelayakan isi modul pengembangan karakter cerita Minangkabau "Cindua Mato dan Gadih Basanai" yaitu 93 .51 dan berkategori sangat valid. Kedua, tingkat praktikalisasi kemudahan pengunaan modul pengembangan karakter cerita Minangkabau "Cindua Mato dan Gadih Basanai" yaitu 91.34 dan berkategori sangat praktis. Ketiga, tingkat efektifitas hasil belajar dan aktifitas anak dalam modul pengembangan karakter cerita Minangkabau "Cindua Mato dan Gadih Basanai" yaitu 83 .14 dan berkategori efektif. Berdasarkan hasil yang diperoleh simpulan bahwa hasil belajar anak pada materi pengembangan karakter cerita Minangkabau "Cindua Mato dan Gadih Basanai "diajar dengan modul guru tergolong lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:53
Last Modified: 05 Aug 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39048

Actions (login required)

View Item View Item