Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SD

Putri, lndah Surya (2021) Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SD. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_INDAH_SURYA_PUTRI_18124022_2194_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik terpadu belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Proses pembelajaran yang dilakukan guru belum sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik terpadu, sehingga siswa kurang aktif dalam menerima pembelajaran, siswa tidak memiliki kesempatan untuk mengemukakan ide ataupun gagasannya, selain itu pembelajaran masih berpusat pada guru, akibatnya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berbicara siswa melalui penerapan pembelajaran tematik terpadu berbasis lingkungan di kelas IV SDN 34 Simpang Haru. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang berupa tindakan (classroom action reserch). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas beberapa kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN 34 Simpang Haru Kota Padang pada bulan Februari sampai dengan Maret 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 34 Simpang Haru, siswa berjumlah 24 orang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan berbicara siswa pada pembelajaran tematik terpadu berbasis lingkuangan. Aktivitas belajar siswa yang diamati yaitu visual activities, oral activities, writing activities, dan listening activities. Peningkatan aktivitas belajar siswa terlihat pada siklus 1 dengan rata-rata 74,97 pada siklus 2 menjadi 88,5. Peningkatan kemampuan berbicara siswa pada siklus 1 dengan rata-rata 58,85 pada siklus 2 menjadi 77,08. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tematik terpadu berbasis lingkungan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berbicara siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:30
Last Modified: 03 Aug 2022 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39029

Actions (login required)

View Item View Item