Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar

Ilahi, Fitratul (2021) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FITRATUL_ILAHI_16124027_381_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar13 Kapalo Koto. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan bentuk Nonequivalent Control group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 13 Kapalo Koto Kota Padang dengan sampel kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sample. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan uji chi kuadrad dan uji-t. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, terdapat perbedaan aktivitas yang signifikan bagi peserta didik yang diajar menggunakan model PBL dengan aktivitas peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan perhitungan diperoleh harga chi kuadrat sebesar 13,80 dengan taraf signifikan 5% adalah 7 ,815, harga chi hitung lebih besar dari chi tabel sehingga H1 diterima. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan bagi peserta didik yang diajar menggunakan model PBL dengan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan perhitungan diperoleh t hitung sebesar 3,88 dengan taraf signifikan 5% adalah 2003, harga t hitung lebih besar dari t tabel sehingga H1 diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:28
Last Modified: 03 Aug 2022 08:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39022

Actions (login required)

View Item View Item