Analisis Kebijakan Pemerintah Daerah pada Program Sekolah Keluarga dalam Meningkatkan Kualitas Pengasuhan Anak Usia Dini di Kota Bukittinggi

Rahmalia, Denny (2021) Analisis Kebijakan Pemerintah Daerah pada Program Sekolah Keluarga dalam Meningkatkan Kualitas Pengasuhan Anak Usia Dini di Kota Bukittinggi. Masters thesis, Univesitas Negeri Padang.

[img] Text
A_1_DENNY_RAHMALIA_18330031_4237_2021.docx

Download (14kB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih banyaknya orang tua di Bukittinggi yang belum melaksanakan pengasuhan yang baik terhadap anaknya yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dalam mendidik anak dan masalah keluarga lainnya, sehingga Pemerintah Kota Bukittinggi membuat program sekolah keluarga yang ditujukan kepada orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak program sekolah keluarga terhadap penerapan pola asuh yang diharapkan dan untuk mengetahui sejauh mana peran keluarga dalam meningkatkan pengasuhan anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan menginterpretasikan berbagai fenomena yang terj adi dalam pelaksanaan program sekolah keluarga dalam meningkatkan kualitas pengasuhan anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data mengunakan teknik triangulasi sumber terhadap penyelenggara, pencetus gagasan pendiri sekolah keluarga serta tenaga ahli. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta program sekolah keluarga terdiri dari 22 orang tua yang mempunyai anak usia dini dan 6 orang guru PAUD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program sekolah keluarga berdampak positif bagi orang tua dalam meningkatkan pengasuhan terhadap anaknya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini sesuai dengan harapan program sekolah keluarga yaitu menegakkan kembali fungsi keluarga dengan memberdayakan keluarga melalui pendidikan keluarga, khususnya penerapan pola pengasuhan yang diharapkan. Harapan kedepannya, agar program sekolah keluarga ini tetap dilanjutkan oleh pemerintah Kota Bukittinggi khususnya, dan dapat menjadi contoh bagi pemerintah daerah serta lembaga pemerhati anak lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:20
Last Modified: 03 Aug 2022 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39011

Actions (login required)

View Item View Item