Ninda, Aprilia (2022) Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Moodle pada Materi Laju Reaksi untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_7_APRILIA_NINDA_18035058_2255_2022.pdf Download (5kB) | Preview |
Abstract
Indonesia sedang memasuki era revolusi industry 4.0 yang ditandai dengan kemajuan dibidang teknologi. Guru dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengintegrasikan teknologi kedalam proses pembelajaran. Selain itu materi laju reaksi tergolong materi yang sulit untuk dipahami karena materinya bersifat abstrak. Untuk itu dibutuhkanlah suatu sistem pembelajaran yang sesuai. Maka dikembangkan sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing menggunakan moodle pada materi laju reaksi. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu educational design research (EDR) dengan model pengembangan plomp. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan tingkat kevalidan konten dan media dari sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing yaitu sebesar 0.89 dan 0.93 dengan kategori valid. Sedangkan tingkat praktikalitas guru dan siswa yaitu sebesar 0,90% dan 0,91% dengan kategori sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | INKUIRI TERBIMBING, SISTEM PEMBELAJARAN, LAJU REAKSI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 |
Depositing User: | Mutia Farida |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 01:35 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 01:35 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38943 |
Actions (login required)
View Item |