Perbedaan Minat Belajar Sejarah Indonesia Siswa Kelas X IPA dengan X IPS SMA Negeri 2 Tualang pada Masa Pandemi Covid-19

Mardhatillah, Wahyu (2022) Perbedaan Minat Belajar Sejarah Indonesia Siswa Kelas X IPA dengan X IPS SMA Negeri 2 Tualang pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_WAHYU_MARDHATILLA_17046042_1258_2022.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Artikel ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas X IPA dan siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Tualang yang memiliki perbedaan minat belajar Sejarah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan minat belajar sejarah Indonesia siswa kelas X IPA dengan siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Tualang pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian studi komparatif. Populasi pada penelitian sekaligus menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA dan siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Tualang dengan sampel yang berjumlah 82 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner yang terdiri dari 22 pemyataan. Data dianalisa menggunakan uj i t dan UJI anova. Hasil penelitian pada uji t dilihat dari sig (2-tailed) adalah 0,019, karena 0,019 < 0,05 dengan tingkat kepercayaan 95% maka dengan kata lain bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar sejarah siswa kelas IPA dengan siswa kelas IPS. Selanjutnya pada uji Anova kelas X IPA menunjukkan Fhitung = 2,856 > Ftabel= 2,48, yang berarti Ho ditolak dan menerima Ha. Sedangkan nilai signifikannya adalah 0,028, dimana 0,028 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan minat belajar dari tiap-tiap kelas X IPA. Sedangkan pada uji Anova kelas X IPS dapat dilihat bahwa Fhitung = 2,367 < Ftabel = 2,48, yang berarti Ho diterima dan menolak Ha. Sedangkan nilai signifikannya adalah 0,059, dimana 0,059 > 0,05. Dengan demikian Ho diterima. Hal ini menunjukkan tidak ada perbedaan minat belajar dari tiap-tiap kelas X IPS. Berdasarkan penjelasan diatas, penulis menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar seajarah Indonesia siswa kelas X IPA dengan siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Tualang pada masa pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:02
Last Modified: 19 Jul 2022 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38762

Actions (login required)

View Item View Item