Penerapan Acuan Penilaian oleh Guru pada Penilaian Hasil Belajar Seni Budaya (Musik) Siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 3 Mukomuko

Kurniasih, Putri Rama (2022) Penerapan Acuan Penilaian oleh Guru pada Penilaian Hasil Belajar Seni Budaya (Musik) Siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 3 Mukomuko. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_PUTRI_RAMA_KURNIASIH_18232081_689_2022.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dua hal yaitu (1) Mendeskripsikan bentuk acuan penilaian yang diterapkan guru dalam penilaian hasil belajar seni budaya (musik) siswa kelas VII-4 SMP Negeri 3 Mukomuko; dan (2) Mendeskripskan penerapan acuan penilaian oleh guru pada penilaian hasil belajar seni budaya (musik) siswa kelas VII-4 SMP Negeri 3 Mukomuko Jenis penelitian adalah tergolong penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Yang menjadi objek penelitian adalah bentuk acuan (dasar) penilaian penilaian yang dipedomani guru berdasarkan perangkat ajar yang digunakan dalam KBM (Silabus, RPP, dan Buku Paket Pelajaran), serta bagaimana kegiatan guru menerapkan acuan penilaian sesuai ranah tujuan belajar (kogitif, afektif, dan psikomotorik) pada kegiatan pembelajaran dan ulangan harian misalnya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah catatan pengamatan, catatan wawancara, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan 5 tahapan yaitu (1) Tahap pengumpulan (collecting); (2) Tahap pengelompkkan (tabulasi); (3) Tahap penjelasan (deskripsi); (4) Tahap pembahasan (diskusi); dan ( 5) Tahap penyimpulan (kongklusi) Hasil penelitian telah mendeskripsikan bahwa dengan penggunaan acuan penilaian seperti yang dijelaskan dalam perangkat ajar pelajaran seni musik Kurikulum 2013 Edisi revisi 2021, guru seni budaya Musik kelas VII-4 SMP Negeri 3 Mukomuko, telah melaksanakannya dengan baik. Berdasarkan observasi yang dilakukan selama penelitian, maka guru telah melaksanakan penilaian dalam proses dan penilaian pada kegiatan ulangan/ujian secara formal, dengan menggunakan acuan penilaian berdasarkan ranah tujuan belajar bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:30
Last Modified: 07 Jul 2022 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38618

Actions (login required)

View Item View Item