Pengaruh Model Examples Non Examples terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Adabiah Padang

Fadil, As-syfa Rumaisya (2022) Pengaruh Model Examples Non Examples terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_AS-SYFA_RUMAISYA_FADIL_18016002_1110_2022.pdf

Download (889kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Adabiah Padang sebelum menggunakan model examples non examples. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Adabiah Padang sesudah menggunakan model examples non examples. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model examples non examples terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populsi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Adabiah Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 208 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 orang siswa yang diambil melalui teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model examples non examples siswa kelas XI SMA Adabiah Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t, Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran examples non examples. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model examples non examples siswa kelas XI SMA Adabiah Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 56,94. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan model examples non examples siswa kelas XI SMA Adabiah Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 75,88. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diteriman pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) n=l karena thitung>ttabel, yaitu (4,39> 1,70). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model examples non examples siswa kelas XI SMA Adabiah Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 56,94. Kedua, keterampilan menulis teks eskplanasi sesudah menggunakan model examples non examples siswa kelas XI SMA Adabiah Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 75,88. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model examples non examples terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Adabiah Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:33
Last Modified: 04 Jul 2022 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38532

Actions (login required)

View Item View Item