Pengembangan Media Pembelajaran lnteraktif Berbasis Lectora Inspire tentang Materi Jaringan Hewan untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Simamora, Rizka Amini (2022) Pengembangan Media Pembelajaran lnteraktif Berbasis Lectora Inspire tentang Materi Jaringan Hewan untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_RIZKA_AMINI_SIMAMORA_17031181_898_2022.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Pada kurikulum 2013, peserta didik didorong agar dapat aktif pada saat pembelajaran. Berdasarkan basil wawancara dengan guru Biologi di SMAN 8 Padang media yang digunakan guru masih kurang menarik bagi peserta didik. Pembelajaran selama ini menekankan pada penyampaian materi secara lisan sehingga suasana belajar di kelas cenderung kurang aktif. Akibatnya, peserta didik merasa bosan dan kesulitan dalam menerima materi pelajaran biologi, salah satunya pada materi jaringan hewan, Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire ten tang materi j aringan hewan yang valid dan praktis untuk peserta didik kelas XI SMA. J enis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan model Instructional Development Institute (IDI). Subjek penelitian ini terdiri dari dua orang dosen Biologi FMIPA UNP, satu orang guru SMAN 8 Padang dan 30 orang peserta didik kelas XI MIPA SMAN 8 Padang. Objek penelitian adalah media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire tentang materi jaringan hewan untuk peserta didik kelas XI SMA. Data penelitian adalah data validitas dan praktikali tas. Berdasarkan basil penelitian, dipcroleh basil rata-rata validitas yaitu 94,6% dengan kriteria sangat valid dan basil rata-rata praktikalitas yaitu 91, 1 % oleh guru dan 90,3% oleh peserta didik, keduanya dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire tentang materi jaringan hewan untuk peserta didik kelas XI SMA yang sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:12
Last Modified: 29 Jun 2022 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38446

Actions (login required)

View Item View Item