Respon Guru dan Peserta Didik Jurusan IPA terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Painan

Yulfadiah, Dila (2022) Respon Guru dan Peserta Didik Jurusan IPA terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Dila_Yulfadiah_17031135_1229_2022.pdf

Download (634kB) | Preview

Abstract

Wabah Covid-19 menyebabkan peralihan proses pembelajaran yang umumnya dilaksanakan secara tatap muka dialihkan ke pembelajaran online. Pembelajaran online adalah pembelajaran yang dilakukan melalui jaringan internet. Penting untuk mengetahui respon dari guru dan peserta didik terhadap pembelajaran online, guna memaksimalkan pembelajaran tersebut. Respon adalah suatu tanggapan, sikap, dan reaksi atau akibat dari sebuah proses komunikasi. Hasil observasi awal respon guru biologi dan beberapa peserta didik Jurusan IPA SMAN I Painan terhadap pembelajaran online biologi selama pandemi masih rendah. Maka dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memberikan tinjauan umum terkait pembelajaran online. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan populasi penelitian adalah seluruh guru biologi SMAN 1 Painan yang berjumlah 4 orang dan seluruh peserta didik Jurusan IPA SMAN 1 Painan dengan jumlah 482 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling untuk guru, yang mana seluruh populasi guru dijadikan sampel, dan stratified random sampling untuk peserta didik dengan menggunakan 50% populasi peserta didik Jurusan IPA sebagai sampel dengan jumlah 243 orang. Peneliti melakukan penyebaran angket respon. Data penelitian dianalisis menggunakan persentase (%) dari jawaban guru dan peserta didik Jurusan IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan aspek sifat, manfaat, keterkaitan, kesesuaian, pengaruh, ketersediaan sumber belajar, upaya atau usaha guru dan peserta didik dalam mencari sumber belajar, dan kesulitan, respon guru biologi terhadap pembelajaran online berkategori tidak baik (59,77%), sedangkan respon peserta didik Jurusan IPA terhadap pembelajaran online berkategori cukup baik (61,98%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:00
Last Modified: 22 Jun 2022 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38296

Actions (login required)

View Item View Item