Analisis Literasi Kimia Siswa di SMA Pembangunan Laboratorium UNP pada Topik Laju Reaksi dengan Model Rasch

Diyanah, Daffa (2022) Analisis Literasi Kimia Siswa di SMA Pembangunan Laboratorium UNP pada Topik Laju Reaksi dengan Model Rasch. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Daffa_Diyanah_17035087_2023_2022.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis literasi kimia siswa pada topik laju reaksi berdasarkan dua kerangka teoretis, yakni definisi literasi kimia yang diadaptasi oleh Shwartz dan level literasi sains yang dikembangkan oleh Bybee. Penelitian deskriptif ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan sampel 48 siswa kelas XII MIPA di SMA Pembangunan Laboratorium UNP TA 2021/2022. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah instrumen berbasis literasi kimia yang dirancang oleh Pakesa & Yusmaita. Instrumen ini memiliki 10 wacana soal yang dikembangkan menjadi 17 butir soal uraian. Data diperoleh dari pelaksanaan tes, kemudian dianalisis dengan model Rasch. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mendominasi level nominal scientific literacy (50%) dan functional scientific literacy (44%). Sedangkan 4% siswa berada pada level scientific illiteracy dan hanya 2% yang berada pada level conceptual scientific literacy. Tidak ada siswa yang terkategori dalam level multidimensional scientific literacy. Analisis Rasch memperlihatkan bahwa 88% siswa memiliki tingkat literasi kimia yang tergolong sedang, 10% siswa tingkat literasi kimianya tergolong rendah, dan hanya 2% yang literasi kimianya tergolong tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa literasi kimia sebagian besar siswa pada topik laju reaksi tergolong sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:59
Last Modified: 22 Jun 2022 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38292

Actions (login required)

View Item View Item