Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat untuk Peserta Didik Kelas IX SMP

Sangrila, Ayu (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat untuk Peserta Didik Kelas IX SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Ayu_Sangrila_17029087_1980_2022.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan kurikulum 2013 proses pembelajaran berpusat pada peserta didik atau yang dikenal dengan Student Center dan pendidik hanya berperan sebagai fasilitas. Penggunaan bahan ajar dapat mengaktifkan peserta didik dan membantu mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Akan tetapi, pada investigasi awal yang telah dilakukan, diperoleh informasi bahwa LKPD yang digunakan kurang mampu membantu peserta didik untuk memecahkan masalah kontekstual dan mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi persamaan dan fungsi kuadrat. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian R&D dan menggunakan model Plomp, dimana model Plomp memilki 3 tahap yaitu tahap investigasi awal ( preliminary research ), tahap pengembangan atau pembuatan prototype ( development or prototyping phase), dan tahap penilaian ( assesment phase). Pada investigasi awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, dan analisis konsep. Pada tahap pengembangan dan pembuatan prototype, dilakukan pembuatan LKPD berbasis PBL pada materi persamaan dan fungsi kuadrat. Setelah itu dilakukan evaluasi formatif terhadap LKPD berbasis PBL pada materi persamaan dan fungsi kuadrat yang telah dibuat yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Berdasarkan uji validitas yang telah dilakukan pada LKPD berbasis PBL pada materi persamaan dan fungsi kuadrat aspek penyajian, kelayakan isi, kebahasaan dan kegrafikan, diperoleh tingkat kevalidan sebesar 89,27% dengan kategori sangat valid. Kemudian pada uji kepraktisan LKPD berbasis PBL pada materi persamaan dan fungsi kuadrat aspek kemudahan, efisiensi waktu, daya tarik, dan kemafaatan, diperoleh tingkat kepraktisan sebesar 89,37% dengan kategori sangat praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL pada materi persamaan dan fungsi kuadrat valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:59
Last Modified: 15 Jun 2022 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38222

Actions (login required)

View Item View Item