Strategi Adaptasi Mahasiswa Asal Papua di Universitas Negeri Padang: Studi pada Mahasiswa Papua di Universitas Negeri Padang Program Pendidikan “ADIK”

Harahap, Mahdalena (2022) Strategi Adaptasi Mahasiswa Asal Papua di Universitas Negeri Padang: Studi pada Mahasiswa Papua di Universitas Negeri Padang Program Pendidikan “ADIK”. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_4_MAHDALENA_HARAHAP_16058026_1767_2021.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan bermasyarakat, individu harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, penyesuaian ini bisa mengubah diri sesuai dengan lingkungan sekitar maupun mengubah lingkungan sesuai dengan kemauan kita. Penyesuaian diri ini lazim disebut dengan adaptasi sosial. Adaptasi sosial menurut Jhon Bennet adalah pemahaman yang bersifat evolusionari yang senantiasa melihat manusia selalu berupaya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan alam sekitar baik secara biologis/genetik maupun secara budaya. Proses adaptasi dalam evolusi melibatkan seleksi genetik dan varian budaya yang dianggap sebagai jalan terbaik untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan. Adaptasi dapat dilihat sebagai usaha untuk memelihara kondisi kehidupan dalam menghadapi perubahan. Dengan demikian defenisi adaptasi berkaitan dengan pengukuran, sejauh mana tingkat keberhasilan suatu organisme dapat bertahan hidup, dan sejauh mana dapat dikenali bahwa adaptasi dapat dikatakan berhasil atau tidak. Teori yang digunakan adalah teori struktural fungsional oleh Talcot Parsons dengan asumsi, Sistim memiliki properti keteraturan dan bagian-bagian yang saling bergantung, sistim cenderung kearah mempertahankan keteraturan diri atau keseimbangan, sistim mungkin statis atau bergerak dalam proses perubahan yang teratur, sifat dasar bagian suatu sistim berpengaruh terhadap bentuk bagian-bagian lain, sistim memelihara batas-batas dengan lingkungan, alokasi dan integritas merupakan dua proses fundamental yang diperlukan untuk memelihara keseimbangan sistim, sistim cenderung mengarah pada pemeliharaan hubungan antara bagian-bagian dengan keseluruhan sistim, mengendalikan lingkungan yang berbeda-beda dan mengendalikan kecendrungan untuk merubah sistem dari dalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Interaksi, Sistem Sosial
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 28 Apr 2022 07:07
Last Modified: 28 Apr 2022 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37838

Actions (login required)

View Item View Item