Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI TITL SMK Negeri 1 Tanjung Raya

Masri, Septi Yeni (2022) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI TITL SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SEPTI_YENI_MASRI_18016128_1295_2022.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI TITL SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Rancangan penelitian ini One Group Pretest and Posttest. Jumlah populasi 80 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL 1 SMK Negeri 1 Tanjung Raya dengan jumlah siswa 27 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis teks cerpen siswa sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual siswa kelas XI TITL SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogentias data. Hasil Penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI TITL SMK Negeri 1 Tanjung Raya sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 63,58. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI TITL SMK Negeri 1 Tanjung Raya sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 75,15. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n- 1 thitung 5,28>ttabel 1,706. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:09
Last Modified: 21 Apr 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37728

Actions (login required)

View Item View Item