Pengaruh Model Time Token Arends terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai dalam Pembelajaran

Windari, Essy Yunita (2022) Pengaruh Model Time Token Arends terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai dalam Pembelajaran. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ESSY_YUNITA_WINDARI_18016018_696_2022.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. (1) mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai tanpa menggunakan model pembelajaran time token arends, (2) mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai dengan menggunakan model pembelajaran time token arends, (3) mendeskripsikan pengaruh model time token arends terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP N 3 Batang Anai dalam pembelajaran teks cerita fantasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 256 siswa yang tersebar di delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes dan dokumentasi, yaitu tes keterampilan berbicara siswa, dokumen berupa transkip berbicara siswa, dan foto kegiatan. Hasil penelitian ada tiga. Pertama, keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai tanpa menggunakan model time token arends berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata hitung 72,69. Kedua, keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai dengan menggunakan model time token arends berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata hitung 84,13. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran time token arends dengan derajat kebebasan n1 dan taraf signifikan 95%. H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung (3,8642) lebih besar daripada ttabel (1,6698). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran time token arends berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:06
Last Modified: 21 Apr 2022 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37712

Actions (login required)

View Item View Item