Pengembangan Video Tutorial CoreI Draw dalam Pembuatan Desain Ragam Hias sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Computer Design untuk Mahasiswa Tata Busana Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga FPP-UNP

Asnal, Vanya Febria (2021) Pengembangan Video Tutorial CoreI Draw dalam Pembuatan Desain Ragam Hias sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Computer Design untuk Mahasiswa Tata Busana Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga FPP-UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_VANYA_FEBRIA_ASNAL_16075047_2665_2021.pdf

Download (694kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video tutorial Core/Draw dalam pembuatan desain ragam hias yang valid dan praktis, agar mahasiswa mampu memahami dan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara mandiri selama kegiatan belajar daring dari rumah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development), adapun metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari define, design, development dan disseminate, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap development. Data pada penelitian ini adalah data primer yang dipero leh dari dari angket validitas dan praktikalitas produk. Validitas produk dilakukan o leh 2 orang validator media dan 2 orang validator materi. Adapun subjek pada penelitian ini adalah 1 orang do sen pembina mata kuliah computer design, 10 orang mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil dan 40 orang mahasiswa untuk uji coba kelompok besar yang terdiri dari mahasiswa tata busanajenjang D-111 dan SI Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga tahun masuk 2018. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah video tutorial Core/Draw dalam pembuatan desain ragam hias pada mata kuliah Computer Design dengan nilai uji validitas diperoleh persentase sebesar 95,5% dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji praktikalitas dosen pembina mata kuliah diperoleh persentase sebesar 97,3% dengan kategori sangat praktis, uji praktikalitas kelompok kecil sebesar 89,8% dengan kategori sangat praktis dan uji praktikalitas kelompok besar diperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil peneliitian dapat disimpulkan bahwa video tutorial Core/Draw dalam pembuatan desain ragam hias pada mata kuliah Computer Design untuk mahasiswa tata busana Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga FPP-UNP yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Apr 2022 04:47
Last Modified: 04 Apr 2022 04:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37483

Actions (login required)

View Item View Item