Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Peningkatan Hasil Belajar Pecahan di Sekolah Dasar (Studi Literatur).

Anjuma, Sri (2021) Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Peningkatan Hasil Belajar Pecahan di Sekolah Dasar (Studi Literatur). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_SRI_ANJUMA_16129110_1356_2021.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Pemilihan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan pembelajaran matematika sangat penting untuk diperhatikan. Pembelajaran matematika seharusnya dilaksanakan dengan kebermaknaan dan terkait dengan realitas kehidupan peserta didik. Pendekatan konvensional masih banyak digunakan dalam pembelajaran matematika, menyebabkan konsep-konsep matematika yang bersifat abstrak sulit diajarkan, dan menimbulkan masalah pada hasil belajar peserta didik. Pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) merupakan pendekatan yang dikembangkan khusus untuk pembelajaran matematika yang menyajikan kondisi realistik dan memberikan kesempatan peserta didik membangun pengetahuan melalui penemuan terbimbing, fenomena didaktis, dan membangun model sendiri. Artikel ini ditulis menggunakan metode studi kepustakaan, dengan teknik analisis isi dari artikel ilmiah dan referensi lain dalam bentuk media cetak maupun elektronik yang relevan dengan topik bahasan penulisan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis penerapan pendekatan PMR dalam peningkatan hasil belajar pecahan di sekolah dasar. Berdasarkan analisis terhadap 25 artikel dan referensi ilmiah yang relevan didapatkan hasil bahwa penerapan pendekatan PMR di sekolah dasar berdampak pada peningkatan hasil belajar pecahan yang meningkat melalui kegiatan belajar yang dilaksanakan dengan menghadirkan karakteristik pendekatan PMR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN MATEMATIKA REALSITIK, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:57
Last Modified: 21 Feb 2022 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36995

Actions (login required)

View Item View Item