Analisis Risiko Bahaya dan Upaya Pengendalian Kecelakaan Kerja dengan Metode Hirarki Pengendalian Bahaya pada Area Penambangan Batu Gamping Bukit Karang Putih di PT. Semen Padang, Sumatera Barat

Yufahmi, Ilham (2021) Analisis Risiko Bahaya dan Upaya Pengendalian Kecelakaan Kerja dengan Metode Hirarki Pengendalian Bahaya pada Area Penambangan Batu Gamping Bukit Karang Putih di PT. Semen Padang, Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_11_ILHAM_YUFAHMI_16137055_3447_2021.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

PT. Semen Padang didirikan pada tanggal 18 Maret 1910 dengan nama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappid (NV NIPCM) yang merupakan pabrik semen pertama di Indonesia. Pekerja selalu berhadapan dengan berbagai bahaya dan risiko di tempat kerja sehingga dapat menimbulkan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan risiko bahaya, menentukan besar kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja dan tingkat keparahannya, serta bagaimana cara melakukan pengendalian bahaya yang dibutuhkan terhadap risiko bahaya tersebut. Pada penelitian ini digunakan metode hirarki pengendalian bahaya, tingkat risiko bahaya ditentukan berdasarkan tabel risk matrix sehingga didapatkan dengan hasil 11 Parameter bahaya dengan tingkat risiko Low, 14 Parameter bahaya dengan tingkat risiko Medium, dan 5 Parameter bahaya dengan tingkat risiko High.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MATRIKS RISIKO
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Feb 2022 01:47
Last Modified: 16 Feb 2022 01:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36945

Actions (login required)

View Item View Item