Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Dendeng Daun Singkong bagi Siswa Tunagrahita Ringan (Pre-Eksperimental design di kelas X dI SLBN 1 Padang).

Amelia, Sri Muthia (2022) Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Dendeng Daun Singkong bagi Siswa Tunagrahita Ringan (Pre-Eksperimental design di kelas X dI SLBN 1 Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SRI_MUTHIA_AMELIA_15003180_888_2022.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang ada di SLB Negeri 1 Padang pada mata pelajaran keterampilan Tataboga, diamana anak tunagrahita ringan belum bisa membuat dendeng dari daun singkong sedangkan dalam pembelajaran guru belum pernah mengajarkan membuat dendeng dari daun singkong di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membuat membuat dendeng dari daun singkong menggunakan metode pendekatan keterampilan proses bagi siswa tunagrahita ringan di SLBN 1 Padang. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk pre- experimental design dengan jenis one group pretest and postest design. Teknik pengumpulan data melalui tes. Subjek penelitiannya adalah anak tunagrahita ringan di SLBN 1 Padang. Kemudian data dianalisis dengan uji U Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata capaian anak tunagrahita ringan saat pretest yang hanya mencapai skor 53.4 dan saat postest meningkat dengan skor 81.4. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan uji U Mann Whitney. Kemudian diperoleh Uhit = 2.5 dan Utab = 2 dengan n = 5 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Sehingga hipotesis diterima karena Uhit > Utab. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses efektif dalam meningkatkan keterampilan dendeng daun singkong. Maka dapat disarankan kepada guru jika mengajarkan dendeng daun singkong dapat menggunakan pendekatan keterampilan proses, maka sebaiknya guru menggunakan pendekatan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TUNAGRAHITA RINGAN, KETERAMPILAN, DAUN SINGKONG
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:35
Last Modified: 17 Jun 2022 07:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36863

Actions (login required)

View Item View Item