Strategi Pembelajaran Kecakapan Hidup (Life Skill) Menjahit Lenan Rumah Tangga dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Di Kompek Mega Permai Padang).

Putri, Latiifa Mutiara (2021) Strategi Pembelajaran Kecakapan Hidup (Life Skill) Menjahit Lenan Rumah Tangga dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Di Kompek Mega Permai Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_LATIIFA_MUTIARA_PUTRI_16005067_260_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan pelaksanaan pembelajaran kecakapan hidup (life skill) menjahit lenan rumah tangga dalam upaya peningkatan ekonomi keluarga di Komplek Mega Permai di Kecamatan Padang Sarai yang diduga karena strategi pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, metode dan teknik pembelajaran keterampilan menjahit lenan rumah tangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas subyek penelitian, yaitu orang-orang yang bekerja sebagai penjahit di Komplek Utama Mega di Kel. Padang Sarai dan informan penelitian, yaitu pemilik dan karyawan rumah jahit yang memproduksi lenan rumah tangga dan karyawan yang dulunya kemudian mendirikan usaha sendiri di Komplek Mega Permai. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dalam hal untuk mengkaji keabsahan datanya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran yang digunakan oleh pendidik adalah menggunakan strategi pembelajaran langsung. Dan strategi pembelajaran ini menggunakan metode ceramah dan praktek. 2) Pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh pendidik adalah menggunakan pendekatan individual. Pendekatan individual cocok digunakan dikarenakan karyawan yang berbeda-beda latar belakangnya. 3) Metode dan teknik yang digunakan oleh pendidik adalah menggunakan metode dan teknik pembelajaran ceramah dan eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LIFE SKILL, STRATEGI PEMBELAJARAAN, EKONOMI KELUARGA
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Feb 2022 01:37
Last Modified: 09 Feb 2022 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36742

Actions (login required)

View Item View Item