Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Kehidupan Sehari-Hari dalam Menyetrika Pakaian Kelayan Gangguan Penglihatan. (Studi Deskriptif di Kelas Persiapan Panti Sosial Bina Netra Tuah Sakato Padang).

Rafsanjani, Nofri (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Kehidupan Sehari-Hari dalam Menyetrika Pakaian Kelayan Gangguan Penglihatan. (Studi Deskriptif di Kelas Persiapan Panti Sosial Bina Netra Tuah Sakato Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_NOFRI_RAFSANJANI_15003058_2160_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pembelajaran keterampilan kehidupan sehari-hari dalam menyetrika pakaian bagi kelayan gangguan pengihatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses rancangan persiapan, pelaksanaan, evaluasi hasil belajar, kendala serta upaya yang dilakukan oleh kelayan gangguan penglihatan di PSBN Tuah Sakato Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deksripstif dengan pendekatan kualitatif yan dilakukan di kelas persiapan PSBN Tuah Sakato Padang. Subjek penelitian yaitu instruktur keterampilan kehidupan sehari-hari dan kelayan gangguan penglihatan, Adapun subjek pendukung seperti kepala sesi keterampilan dan kecakapan serta pembimbing asrama. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancaa, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persiapan keterampilan kehidupan sehari-hari dalam menyetrika pakaian dilakukan dengan mempersiapkan alat dan bahan serta sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan tersebut. Dalam pelaksanaannya, instruktur menggunakan silabus atau pedoman pembelajaran serta buku panduan KKS. Hasil evalusia dilakukan setelah proses pembelajaran dengan alat evaluasi berupa tes dan non tes serta hasil dari keterampilan menyetrika kelayan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KETERAMPILAN, PANTI SOSIAL, HASIL BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:04
Last Modified: 07 Feb 2022 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36709

Actions (login required)

View Item View Item