Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing di Kelas IV SDN 08 Gantiang Kota Padang Panjang.

Rizka Prima Dedti, Rizka Prima (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing di Kelas IV SDN 08 Gantiang Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RIZKA_PRIMA_DEDTI_17129262_4702_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dihadapi pada saat proses pembelajaran berlangsung yaitu suasana pembelajaran yang kurang menyenangkan sehingga siswa cepat merasa bosan, kurang berpartisipasi dan kurang berperan aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, banyak juga siswa yang terlihat kurang bersemangat serta mengantuk pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung, hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar yang diperoleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing di kelas IV SDN 08 Gantiang Kota Padang Panjang. Pendekatan yang digunakan ada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang mana pada siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek pada penelitian ini yaitu guru dan siswa dengan jumlah siswa 19 orang yang terdiri dari 6 orang siswa laki- laki dan 13 orang siswa perempuan,. Hasil penelitian pada pengamatan rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh nilai rata- rata 79,81% (C), meningkat pada siklus II menjadi 92,31 % (A). Ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I adalah 79,16% (C), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (A). Pada aspek siswa diperoleh rata- rata pada siklus I 79,16% (C) dan meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (A). Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata- rata 75,89(C), meningkat pada siklus II menjadi 92,65(A). Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 08 Gantiang Kota Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL KOOPERATIF TIPE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:59
Last Modified: 27 Jan 2022 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36523

Actions (login required)

View Item View Item