Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 04 Talaok Pesisir Selatan.

Oktavia, Ratih (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 04 Talaok Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RATIH_OKTAVIA_17129255_4551_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran belum berpusat pada peserta didik, peserta didik belum terlatih dalam kerja sama kelompok dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas V SDN 04 Talaok Pesisir Selatan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan jumlah 14 orang. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning. Teknik yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dari siklus I ke siklus II yaitu : (1) Penilaian rata-rata RPP siklus I adalah 79,69%%, siklus II meningkat menjadi 90,62%. (2) Penilaian rata-rata aspek guru siklus I adalah 76,78%, siklus II meningkat menjadi 92,85%. (3) penilaian ratarata aspek peserta didik siklus I adalah 76,78%, siklus II meningkat menjadi 92,85%. (4) Penilaian rata-rata hasil belajar siklus I adalah 75,06% siklus II meningkat menjadi 82,51%. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SDN 04 Talaok Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PROBLEM BASED LEARNING, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:01
Last Modified: 27 Jan 2022 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36512

Actions (login required)

View Item View Item