Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Take And Give Dikelas V SD Negeri 08 Koto Gadang Kec.IV Koto.

Islami, Dian (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Take And Give Dikelas V SD Negeri 08 Koto Gadang Kec.IV Koto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_DIAN_ISLAMI_16129167_515_2020.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru atau teacher centered,guru masih kurang mengembangkan bahan ajar pada pembelajaran tersebut,peserta didik terbiasa menerima penyampaian materi yang disampaikan oleh guru sehingga peserta didik kurang mampu memecahkan masalah sendiri, keberanian peserta didik berbicara untuk mengemukakan pendapat masih kurang, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran,rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Tematik Terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tema 1 menggunakan model Take and Give Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SDN 08 Koto Gadang Kec.IV Koto. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yaitu: a) hasil pengamatan RPP pada siklus I 83,08%, meningkat pada siklus II menjadi 93,18%. b) hasil aktivitas guru pada siklus I 85,36%, meningkat pada siklus II menjadi 93,18%. c) hasil aktivitas peserta didik pada siklus I 83,95%, meningkat pada siklus II menjadi 93,18%. d) penilaian hasil belajar peserta didik, pada siklus I rata-ratanya yaitu 73,25dengan persentase 33,3%, lalu meningkat pada siklus II menjadi 86,26 dengan persentase 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa model Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar tema 1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:11
Last Modified: 24 Feb 2022 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36455

Actions (login required)

View Item View Item