Pengembangan Modul Pendidikan Keluarga dalam Aspek Prososial Anak Usia Dini pada Arena Bermain Fasilitas Umum

Setiawati, Setiawati (2021) Pengembangan Modul Pendidikan Keluarga dalam Aspek Prososial Anak Usia Dini pada Arena Bermain Fasilitas Umum. Doctoral thesis, Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_SETIAWATI_1204397_138_2021.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Rendahnya perilaku prososial anak di arena bermain fasilitas umum merupakan latar belakang dilaksanakannya penelitian ini, diduga ada kaitannya dengan rendahnya kemampuan orang tua dalam pengembangan prososial anak-anak mereka pada arena bermain fasilitas umum, sehubungan dengan itu diperlukan sebuah modul untuk orang tua dalam membimbing prososial anaknya pada arena bermain fasilitas umum. Penelitian ini bertujuan untukmengembangakan sebuah modul pendidikan keluarga dalam aspek prososial anak yang valid, praktis dan efektif pada arena bermain fasilitas umum.melihat gambaran pelaksanaan pendidikan keluarga dalam pengembangan prososial anak selama ini di arena bermain fasilitas umum Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Populasi untuk subjek uji coba adalah seluruh orang tua yang membawa anaknya bermain pada arena bermain fasilitas umum di kompleks Singgalang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi partisipatif, wawancara mendalam dan angket.Teknik analisis data terdiri dari analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pendidikan keluarga di arena bermain fasilitas umum selama ini cenderung belum melaksanakan prososial terhadap anak usia dini.(2 Tersedianya modul pendidikan keluarga dalam pengembangan prososial anak usia dini di arena bermain fasilitas umum yang valid, praktis dan efektif. Rekomendasi yang diberikan terhadap orang tua, para pendidik anak usia dini dan para pihak terkait dalam pendidikan anak dan keluarga, kiranya dapat menggunakan modul ini dalam pengembangan prososial anak, khususnya pada arena bermain fasilitas umum.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:02
Last Modified: 25 Jan 2022 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36443

Actions (login required)

View Item View Item