Pengembangan Model Desain Pembelajaran Berbasis Daring Pendidikan Kesetaraan Paket B pada Mata Pelajaran Matematika Setara Kelas VIII SMP

Alfitriati, Alfitriati (2021) Pengembangan Model Desain Pembelajaran Berbasis Daring Pendidikan Kesetaraan Paket B pada Mata Pelajaran Matematika Setara Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ALFITRIATI_19155004_5218_2021.pdf

Download (663kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan program pendidikan kesetaraan yang umum dilaksanakan oleh para penyelenggara pendidikan non-formal selama ini cenderung muncul berbagai masalah. Permasalahan yang dihadapi oleh lembaga penyelenggara pendidikan disesuaikan dengan kondisi di lapangan, dengan adanya keterbatasan waktu pertemuan pembelajaran di kelas, keterbatasan sarana belajar, ditambah lagi pada masa covid 19. Peserta didik yang mengikuti Paket B disamping usia sekolah ada usia dewasa merupakan pekerja yang harus membagi waktu untuk bekerja dan belajar. Keadaan yang ada mengakibatkan intensitas belajar secara tatap muka menjadi kurang maksimal, disebabkam motivasi belajar menjadi menurun karena kelelahan, mengantuk, dan tidak adanya waktu untuk mempelajari materi dirumah. Maka pembelajaran daring kombinasi bertujuan memberikan kemudahan dalam belajar dengan mengkombinasi pembelajaran konvensional dengan pembelajaran berbasis web yang dapat diakses oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik desain pembelajaran matematika berbasis daring pendidikan kesetaraan paket B yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan model Dick and Carey yang bertujuan untuk mengembangkan design pembelajaran RME berbasis daring. Subjek peneliatan berjumlah 24 orang peserta didik dan 2 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar instrumen pengumpulan data, wawancara beserta angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kevalidan RPP keseluruhan aspek adalah 87,24% dengan katagori sangan valid, sedangkan tingkat kepraktisan desain pembelajaran daring berbasis RME rata-rata praktikalitas keseluruhan aspek adalah 90,34% dengan katagori sangat praktis serta efektifitas desain pembelajaran daring rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta adalah 79,65%, dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran daring berbasis RME yang dikembangkan telah efektif karena dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:33
Last Modified: 25 Jan 2022 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36440

Actions (login required)

View Item View Item