Model Pembelajaran, KINER ( Konflik,Investigasi,Negoisasi, Resolusi ) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah

Mulyani, Ridha (2021) Model Pembelajaran, KINER ( Konflik,Investigasi,Negoisasi, Resolusi ) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Doctoral thesis, Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_RIDHA_MULYANI_16169047_1739_2021.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian model pembelajaran KINER ini (Konflik, Investigasi, Negosiasi dan Resolusi) diterapkan pada mata kuliah hukum agraria di UIN ImamBonjol Padang. Model pembelajaran KINER didasarkan pada tiga teori: 1) teori model PBL, 2) teori pembelajaran RQA dan 3) teori pembelajaran konflik. Metode dalampenelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop,Implementation, Evaluation). Pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, angket penilaian dan soal tes. Uji validasi produkmelibatkan 7 orang ahli yang sesuai dengan keahlian masing-masing.Validitas produk mengacu pada aspek konten, kegrafikaan dan bahasa pada buku model, buku dosen dan buku mahasiswa. Uji praktikalitas produk dilakukan oleh praktisi pada ujicoba terbatas melibatkan 26 mahasiswa dan ujicoba luas melibatkan 30 mahasiswa. Acuan praktikalitas produk dilihat dari aspek kemudahan, daya tarik dan manfaat produk.Uji efektivitas dilakukan dengan mengobservasi implementasi model KINER pada kelas eksperimen dan kontrol menggunakan desain penelitian static group comparation. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Syariah UIN IB Padang, yang sedang mengambil mata kuliahhukum agraria. Tolok ukur efektivitas didapat dengan membandingkan pencapaian keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah serta hasil belajarkognitif antara model pembelajaran KINER dengan model konvensional. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskriptif kualitatif, statistik deskriptif dan uji komparatif. Dari penelitian ini dihasilkan model K dengan sintak Konflik, Investigasi, Negosiasi, dan Resolusi dan sistem pendukung yang terdiri buku dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian pembelajaran KINER memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan membangun keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah dalam pembelajaran mata kuliah hukum agraria. Hasil uji validitas dari pakar manyatakan model KINER yang dihasilkan memenuhi kriteria valid dari aspek konten, kegrafikaan dan bahasa, serta sistem pendukung model sesuai dengan teori. Hasil uji praktikalitas Model KINER juga memenuhi kriteria praktis, dengan karakteristik dari aspek kemudahan, daya tarik dan manfaat produk. Hasil uji efektivitas model KINER menunjukkan bahwa Keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah serta hasil belajar (aspek kognitif) mahasiswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran model KINER lebih baik dari yang pembelajarannya dengan model yang sebelumnya, yaitu yang bukan KINER (konvensional)

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:35
Last Modified: 25 Jan 2022 01:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36421

Actions (login required)

View Item View Item