Hubungan Metode Pembelajaran Tutor dengan Keaktifan Warga Belajar Paket C di PKBM Pratama Paket C Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan.

Febriani, Wisri (2021) Hubungan Metode Pembelajaran Tutor dengan Keaktifan Warga Belajar Paket C di PKBM Pratama Paket C Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_WISRI_FEBRIANI_17005198_5301_2021.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan warga belajar Paket C di PKBM Pratama Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini diduga karena metode pembelajaran tutor. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan metode pembelajaran yang digunakan tutor, (2) menggambarkan tentang keaktifan warga belajar, dan (3) melihat hubungan metode pembelajaran tutor dengan keaktifan warga belajar Paket C. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh warga belajar yang mengikuti program Paket C di PKBM Pratama pada tahun 2020 yang berjumlah 112 orang dan 56 orang dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan teknik Claster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase dan product moment. Hasil Penelitian menujukkan bahwa (1) metode pembelajaran yang digunakan tutor kurang bagus, (2) keaktifan warga belajar rendah, dan (3) terdapat hubungan signifikan antara metode pembelajaran tutor dengan keaktifan warga belajar Paket C di PKBM Pratama Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Disarankan kepada (1) tutor agar memperbaiki metode pembelajarannya, (2) pengelola program agar melakukan upaya meningkatkan metode pembelajaran tutor, dan (3) peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti variabel lain yang berhubungan dengan keaktifan warga belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN, KEAKTIFAN BELAJAR, BELAJAR PAKET
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:39
Last Modified: 24 Jan 2022 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36404

Actions (login required)

View Item View Item