Pengembangan Model Pembelajaran Al-Islam Ke-Muhammadiyahan

Zukdi., Ilpi (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Al-Islam Ke-Muhammadiyahan. Doctoral thesis, Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_ILPI_ZUKDI_15169014_183_2021.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) di Perguruan Tinggi Muhammadiyah merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa. AIK memegang peranan yang sangat penting untuk membantu insan akademis yang bersusila, berkarakter dan berkepribadian muslim (learning to be). Oleh karena itu yang menjadi tolok ukur keberhasilan mata kuliah AIK ini adalah yang paling pokok terletak pada perubahan sikap (attitude), mental dan tingkah laku personal atau individual. Namun dari fenomena yang ada menunjukkan bahwa pembelajaran AIK belum berjalan secara efektif dan perlu dikembangkan Tujuan penelitian ini adalah : a) Membangun pengembangan model pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, b) mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas model pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Prosedur pengembangan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Inplementation dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data berupa observasi, angket dan tes hasil belajar. Validasi produk dilakukan oleh expert. Ujicoba produk dilakukan pada tiga fakultas tahun ajaran 2019/2020. Data validitas, praktikalitas dan efektifitas dianalisis secara deskriptif dengan rumus persentase dan ICC dengan bantuan SPSS versi 19. Dari hasil analisis data hasil belajar diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dengan menggunakan model AIK yang dikembangkan lebih tinggi dari kelas kontrol diajar dengan cara konvensional. Hasilini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan sudah valid, praktis dan efektif untuk proses pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan terjadinya perubahan sikap mahasiswa. Berdasarkan temuan ini direkomendasikan kepada dosen Al-Islam dan Kemuhammadiyahan untuk dapat menggunakan model pembelajaran yang dikembangkan ini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:38
Last Modified: 24 Jan 2022 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36400

Actions (login required)

View Item View Item